Sinopsis & Review Film Greenland 2020 , Ketika Bumi dihujani Meteor

Posted by irvan mulya Selasa, 01 Desember 2020 0 comments

Greenland Film Review Sinopsis
Greenland film anyar 2020 besutan sutradara Ric Roman Waugh yang di Produseri oleh Gerard Butler (sang pemeran utamanya sendiri) dan di perkuat oleh BASIL IWANYK (yang mana Basil Iwanyk ini pernah juga memproduseri Film Action penuh dar der dor John Wick Franchise atau Film The Town yang di bintangi oleh Ben Affleck si Batman dan Film Class of The Titan Film yang disadur dari Games) , ini memang cukup apik . Film ini sederhananya menceritakan tentang Bencana Hujan Meteor yang ketika memasuki atmosfer bumi di istilahkan dengan Meteorit

Secara teori , ketika orbit bumi mendekati peredaran orbit komet maka konsekwensinya bumi berada dekat dengan gugusan benda atau luar angkasa yaitu meteor . Dan ukuran meteor rata-rata kecil sekitaran serpihan debu . 

 

meteor
Ketika debu meteor ini mendekati atmosfer bumi maka secara otomatis debu meteor itu langsung hancur . Namun di film ini di kisahkan jika meteor ini tembus atmosfer bumi dengan ukuran yang besar-besar . Bahkan puncaknya di ending film , meteor yang di tunggu-tunggu itu bisa menghancurkan 75 % populasi manusia di bumi katanya .

 

Luar biasa .... 


Film ini boleh di katakan sebagai film Multi Genre ? karena 3 genre sekaligus masuk dalam Film ini . 

 

Film ini bisa dikatakan film tentang survival atau film Drama ataupun Film Thriller / horor .


Chris Sparling
Film garapan skenario Chris Sparling ini cukup mencuri perhatian para pecinta film survival atau film yang bertemakan tentang bencana alam. Terbukti situs pengkritik film ternama sebutlah rotentomatoes sejauh ini memberikan film Greenland dengan skor 100. 

  
Dasarnya karena konsep yang di tawarkan (walaupun mainstream) lebih natural. Dengan bencana alam yang dulu pernah terjadi menimpa bumi di zaman Dinosaurus hidup , yang di bumbui dengan drama keluarga yang cukup menyentuh . Drama keluarga pasutri dengan satu anak semata wayangnya itu tengah menghadapi konflik perceraian yang ujungnya gara-gara bencana meteor akhirnya bisa ketebak pasutri tadi kembali menyatu . 


Terus terang , pertama nonton film ini saya seperti di ingatkan dengan film yang memiliki genre atau tema serupa serupa seperti film SAN ANDREAS atau TWISTER ,  

 

San Andreas
San Andreas

Twister
Twister

 

Film-film bertemakan survival memang rata-rata lebih condong pada konflik privacy pemeran utamanya yang endingnya bisa ketebak akan menyatu kembali walau bagaimanapun keadaannya . 


Disamping Gerard Butler sebagai John Garity film inipun di bintangi oleh , Morena Baccarin sebagai alison garity , Roger dale floyd sebagai Nathan Garity , Scott Glenn, Andrew Bachelor dan David Denman.

 


 

Jajaran pemainnya lebih lengkap :

  •     Gerard Butler sebagai John Garrity
  •     Morena Baccarin sebagai Allison Garrity
  •     Roger Dale Floyd sebagai Nathan Garrity
  •     Scott Glenn sebagai Dale, Allison's father
  •     David Denman sebagai Ralph Vento
  •     Hope Davis sebagai Judy Vento
  •     Andrew Bachelor sebagai Colin
  •     Merrin Dungey sebagai Major Breen
  •     Gary Weeks sebagai Ed Pruitt
  •     Tracey Bonner sebagai Peggy Pruitt
  •     Claire Bronson sebagai Debra Jones
  •     Madison Johnson sebagai Ellie Jones

 

SINOPSIS :

Kisahnya adalah Seorang John Garrity , Dia adalah insinyur bangunan Skotlandia yang tinggal di Atlanta, Georgia bersama istrinya yang terasing Allison Garity , dan putra mereka yang menderita diabetes, Nathan garity . 

John pulang kerja untuk berdamai dengan keluarganya dan bersiap untuk mengadakan pesta dengan tetangga mereka untuk menyaksikan lewatnya komet antarbintang yang baru ditemukan , komet tersebut bernama Clarke.

Ketika si john di suruh istrinya belanja di toko bahan makanan , John dan Nathan melihat armada jet pengangkut kargo militer terbang ke utara dalam formasi, mobil militerpun banyak berhamburan keluar seolah ada sesuatu yang darurat terjadi begitupun dengan banyak mobil pribadi yang ikut meramaikan . Dan ini membuat John bingung. 

Sebelumnya di tokopun , John menerima panggilan telepon otomatis yang aneh, memberitahukan kepadanya bahwa dia dan keluarganya adalah telah dipilih dan terpilih menjadi orang yang di izinkan masuk ke camp penampungan darurat yang di jamin oleh pihak pemerintah.


Khawatir dengan panggilan aneh tadi , John cepat bergegas pulang ke rumah tapi di rumahnya sudah ada pesta kecil-kecilan Nobar (nonton bareng) istri dan anaknya juga para tetangganya yang menyaksikan siaran live komet clarke di stasiun televisi. 

John sekali lagi menerima panggilan otomatis, yang juga ditampilkan di televisi di depan keluarga dan tetangganya yg sedang nobar tadi dengan instruksi untuk berada di Pangkalan Angkatan Udara Robins untuk melakukan penerbangan evakuasi. 

Tetangganya yang menyaksikan hal itu menjadi tanda tanya . Kenapa hanya John dan keluarganya saja yang mendapatkan pesan panggilan itu sedangkan mereka semua tidak mendapatkannya . 

Sementara ketika itu siaran menampilkan saat pecahan komet memasuki atmosfer bumi . Bahkan di hitung dengan hitungan mundur saat serpihan meteor itu menimpa bumi . John kaget ternyata ini serius . Ini beneran . Meteor itu ada dan membahayakan dan panggilan pesan tadi semakin meyakinkan John kalau ini tidak mengada-ngada .


John keluar rumah dan benar saja ... dimulai dengan pergerakan sekelompok burung yang aneh ... gelombang dahsyat itu ternyata ada dan angin kecilnya menghantam John hingga terpental dan memecahkan dan menghancurkan sebagian dinding rumahnya . 

Mulai dari sinilah , kepanikan dan ketegangan film baru di mulai ... 

Ketakutan, keresahan terjadi . Para tetangga menyerbu keluar rumah untuk dekat dengan keluarga mereka masing-masing sementara Garrity bergegas untuk berkemas dan pergi. 

Sebelum mereka bisa, tetangga mereka, Dale, memberi tahu mereka bahwa Clarke adalah sekelompok objek raksasa yang diperkirakan akan bertabrakan dengan Bumi selama dua hari ke depan, dengan efek terbesar diperkirakan akan menyebabkan peristiwa tingkat kepunahan massal. 

Debra, salah satu tetangga mereka, dengan putus asa memohon untuk menitipkan putrinya Ellie ke Garrity's yang berkemas meninggalkan rumahnya menuju Pangkalan Angkatan Udara Robbins , tetapi John menolak nya dengan halus .


Di Robins, antrean lalu lintas menghambat keluarga tersebut mencapai gerbang dan memaksa mereka untuk terus berjalan kaki, dengan Nathan secara tidak sengaja meninggalkan insulinnya di dalam mobil. 

Mereka diizinkan masuk dengan kode QR di ponsel John dan mereka di berikan gelang identitas . Ketika dipaksa untuk menggabungkan barang-barang mereka ke dalam satu tas, mereka juga menemukan bahwa insulin Nathan hilang. John bergegas kembali ke mobil untuk mengambil insulin . Sementara Allison dan Nathan menunggu untuk naik ke pesawat yang dikawal oleh tentara . Begitu seorang tentara mengetahui secara tidak langsung bahwa Nathan ternyata mengidap penyakit . Tentara pengawal tadi menolak Nathan . Allison memohon agar mereka diizinkan naik pesawat, tetapi tidak berhasil, dan keduanya dikawal keluar dari pangkalan. 


Tanpa menyadari hal ini, John berhasil kembali ke pesawat tepat waktu, di mana penumpang lain menanyakan kepadanya tentang obat tersebut dan mengetahui bahwa keluarganya juga ditolak. John menuntut untuk diturunkan dari pesawat tepat ketika pangkalan itu dilanggar oleh massa yang marah yang ingin diselamatkan. Baku tembak terjadi, secara tidak sengaja meledakkan banyak pesawat evakuasi dan menewaskan lusinan orang sementara John lolos.

Setelah kembali ke mobil , John menemukan catatan yang ditinggalkan oleh Allison bahwa dia dan Nathan sedang menuju ke rumah ayahnya di Lexington, Kentucky. Setelah nyaris kabur dari toko yang dijarah, Allison dan Nathan menumpang bersama pasangan Ralph dan Judy Vento, yang juga menuju ke sana. Ralph memberi tahu Allison bahwa mereka akan membawa sampai ke Knoxville, Tennessee. 

Sementara itu, John berjalan kaki melewati kota kecil, tempat penjarahan terjadi secara massal saat kepanikan di seluruh dunia terjadi. Dia menemukan pesta diatap gedung dan mencoba menelepon Allison. Dia secara singkat berhasil menghubunginya sebelum panggilan dibatalkan.


Sementara itu dilain tempat , Ralph dan Judy mengetahui bahwa Allison dan Nathan dipilih untuk dievakuasi tetapi ditolak masuk, dan Ralph dengan jahat mengambil gelang milik Allison dan menyingkirkan Allison . Ralph membawa Nathan untuk memperkuat kelicikannya nanti di depan petugas tentara agar bisa terkelabui.


John berhasil menumpang truk dengan orang-orang yang selamat lainnya, di sini John mengetahui melalui seorang pemuda bernama Colin bahwa armada militer yg mengatasnamakan dari pemerintah itu sebenanya hendak terbang ke Bunker di Greenland untuk berlindung. Dan tempat itu di rahasiakan oleh pemerintah sementara waktu itu ..


Dilain kesempatan di dalam truk ada seseorang yg memperhatikan gelang John dan berniat jahat untuk merebut gelang itu dari John  . Orang itu protes harusnya hanya warga negara kelahiran Amerika lah yang seharusnya dipilih. Kemudian terjadi Kekacauan yang mengakibatkan truk itu terguling dan pria yang berniat jahat itu terbunuh oleh John. Dan Colin pun tewas pada peristiwa Truk terguling tadi.

Sementara itu, Ralph, Judy, dan Nathan yang ketakutan kemudian tiba di camp pengungsian FEMA di mana mereka mencoba masuk mengelabui petugas tentara dan mengaku sebagai orang tua Nathan , tetapi mereka ditahan ketika Nathan memberi tahu seorang tentara bahwa sebenarnya dia telah diculik oleh Ralph dan Judy . 


Semenatara itu Allison yang tadi di tendang keluar oleh Ralph sewaktu numpang mobilnya ... mencari Nathan, dan keduanya bersatu kembali dengan bantuan tentara setelah Allison menemukan camp pengungsian FEMA.

Keesokan harinya, John mengembara di lingkungan yang kosong dan masuk ke sebuah rumah untuk mencari makanan dan air. Dia menyalakan TV untuk melihat berbagai saluran berita yang melaporkan kehancuran di seluruh dunia dan menghitung mundur sampai dampak akhirnya. John mencuri mobil dan melanjutkan ke rumah ayah Allison, Sesampai di rumah mertuanya itu . Ayahnya Allison kecewa . Kenapa tidak bareng sama alison dan nathan ? begitu pikirnya .


Dilain tempat Allison dan Nathan ketika berada di toko kecil menelepon ke rumah Ayahnya Allison . Sampai Ayahnya Allison dan John kemudian menjemputnya.

Mereka kembali ke rumah ayahnya Allison . Namun, mengingat beberapa informasi dari Colin, John menyadari bahwa dirinya tidak memiliki cukup waktu yang lama untuk segera melakukan penerbangan terakhir di Kanada untuk mencapai bunker. Allison dan Nathan setuju untuk pergi, Tapi , Dale ayahnya Allison menolak untuk pergi . Akhirnya John mengucapkan selamat tinggal kepada ayah Allison yang tetap keras kepala tidak mau meninggalkan rumahnya sementara Hujan Meteor terus berlangsung dan semakin mengkhawatirkan.


Sinopsis & Review Film Greenland 2020 , Ketika Bumi dihujani Meteor
Hujan Meteor di Film Greenland 2020

John dan keluarga sudah mencapai Upstate New York ketika peringatan darurat memperingatkan tentang puing-puing cair dari meteor yang mengancam wilayah tersebut. Bola api kecil menghujani langit, menghancurkan mobil, orang, dan menjatuhkan helikopter saat orang-orang berebut menyelamatkan diri masing-masing . Kepanikan terjadi hingga John dan keluarga mampu lolos dan berlindung di bawah jembatan. John sempat menolong seseorang yang berada didalam mobil yang terbakar sampai lengan John cedera.

Hujan meteor berhenti, meninggalkan sebagian besar area terbakar, John dan keluarga melanjutkan perjalanan ke Kanada (sesuai petunjuk dari colin) karena terungkap bahwa efek bencana terbesar meteor Clarke akan menimpa di suatu tempat di Eropa Barat. John mengemudi ke landasan pacu saat tepat pesawat akan lepas landas.


John menahan pesawat itu untuk terbang kecuali jika keluarganya bisa ikut . Setelah perdebatan dan percekcokan yang panjang . Akhirnya si pilot itu merasa kasihan dan akhinya di bawa ke dalam pesawat . 


Pesawat menuju Greenland, namun meeka di hadang oleh hujan meteorit yang menyerang lepas pantai, dan gelombang kejut berikutnya menyebabkan pesawat jatuh ke lembah, menewaskan pilot. 


Setelah John memimpin keluarganya dan para pengungsi lain menuju ke pangkalan udara terdekat, mereka semua di selamatkan tentara dan diizinkan untuk memasuki bunker pelindung dibawah tanah. 

Dalam hitungan mundur saat Meteor Clarke memasuki atmosfer dan benturan itupun terjadi dengan dahsyat . Seluruh permukaan dunia hancur . menyisakan puing-puing dan debu sehingga menjadikan dataran bumi menjadi kelam dengan wajah gelap kehancuran massal. 


Sembilan bulan kemudian... 

 

Sinopsis & Review Film Greenland 2020 , Ketika Bumi dihujani Meteor
Gambaran Kehancuran Bumi dimana-mana

 

Kota-kota di seluruh dunia tampak telah hancur dengan sebagian besar kehidupan di permukaan bumi dimusnahkan. Ketika pangkalan Greenland mencoba melakukan kontak radio dengan para pengungsi lainnya yang barangkali masih ada. Ternyata di negara lainpun masih banyak yang selamat .

 
Sementara itu, pintu bunker terbuka, para pengungsi untuk pertama kalinya keluar untuk melihat pemandangan dunia yang mengerikan  dengan kehancuran. 

Saat melihat sepasang burung beterbangan saat keluar dari markas, semua orang baru bersorak gembira bahwa bumi kembali aman setelah kehancuran terjadi .


Pandangan orbital mengungkapkan kawah bercahaya besar di mana meteor Clarke ketika itu menimpa permukaan bumi dengan dahsyat . Demikian Sinopsis lengkap Film Greenland.

 


 


REVIEW


Secara keseluruhan film ini cukup baik . Alur drama dan konflik kejadian di suguhkan dengan ritme yang seimbang sehingga dengan mudah penonton bisa mengikutinya dengan nyaman . Namun tokoh-tokoh yang ada tidak di gambarkan secara menyeluruh tapi hanya selintas karena film terfokus pada petualangan keluarga john dalam menyelamatkan keluarganya . 

 

Deep Impact
Film ini sama halnya seperti Film-film patriotisme semodel Film Roland Emmerich yang doyan main hancur-hancuran property bumi . Atau Film semodel bencana akibat meteor juga seperti Deep Impact atau Film Kepahlawanan World War Z yang menggambarkan Dunia akan hancur gara-gara munculnya Zombie . Film yang dinilai Blockbuster Tingkat B ini memiliki ending yang serasa kita sudah hafal akan demikian adanya . Walaupun serasa tidak mungkin mereka sejauh itu masih bisa hidup setelah sekian peristiwa dahsyat nyaris menghancurkan John dan keluarganya .

Sekedar untuk tontonan mengulang kembali model film-film kehancuran Bumi , Film ini cukup mewakili di tahun 2020 ini . 

Mungkin itu aja review dan sinopsis kali ini . 

 

Penilaian saya pribadi :  70 dari 100
 
Salam

 



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sinopsis & Review Film Greenland 2020 , Ketika Bumi dihujani Meteor
Ditulis oleh irvan mulya
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://irvanmulya.blogspot.com/2020/11/sinopsis-review-film-greenland-2020.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Blog ini saya setting ke Dofollow . Silahkan isi Komentar Anda dengan kalimat yang baik . Tidak berbau SARA dan anti Spam . Terima kasih sudah mengisi Komentar

Most Popular

Puisi Islami Terbaik

Best Wallpaper

Belajar Internet Marketing Pemula support Original design by Bamz | Copyright of Irvan Mulya - Panduan.

Featured Post

10 Cara Mendapatkan Uang dari nge-Blog

Kata siapa ngeblog pekerjaan iseng ? Kata siapa ngeblog kalah gengsi dengan bikin website situs besar ? Kata siapa ngeblog kerjaan ora...

Postingan Populer

Total Tayangan Halaman

Tentang Saya

Tentang Saya
Irvan Mulya Panduan