Nyamuk Datang Lagi? Tenang, Kita Punya Cara Memukulnya Dengan Benar!

Posted by irvan mulya Senin, 05 Agustus 2024 0 comments
Nyamuk Datang Lagi? Tenang, Kita Punya Cara Memukulnya Dengan Benar!
Belakangan ini, video menarik tentang cara efektif menepuk nyamuk menjadi viral di media sosial. Video singkat yang diunggah kembali oleh praktisi media Gilang Mahesa di akun Twitternya sukses menarik perhatian banyak warganet. Dalam video tersebut dijelaskan bahwa cara menepuk nyamuk yang paling efektif bukanlah dengan cara konvensional dari sisi kanan dan kiri seperti yang biasa dilakukan. 



Video Menepuk Nyamuk di tiktok
Pasalnya, metode tersebut hanya memiliki peluang 50 persen untuk membunuh nyamuk. Namun, cara yang benar dan lebih efektif adalah dengan menepuk dari atas ke bawah.


Menariknya, video ini ternyata mendapat banyak respon positif dari para netizen yang merasa terkejut namun juga tertarik untuk mencobanya. Banyak yang mengaku belum pernah mendengar atau mencoba cara tersebut sebelumnya. Hal ini menjadikan video tersebut semakin populer dan banyak dibicarakan di jagat maya. 


Ahli Biologi Ikut Bicara tentang Metode Menepok Nyamuk yang benar


Profesor Jim Brasseur
Menurut Profesor James Brasseur dari Penn State University, cara paling efektif untuk menepuk nyamuk adalah dengan menggunakan kedua tangan daripada hanya satu tangan. 

Mengapa begitu? ....


Itu karena dengan cara ini, kita dapat meningkatkan peluang untuk menangkap nyamuk yang licin dan gesit itu. Jadi, jangan malu untuk menggunakan kedua tangan Anda saat mencoba menangkap nyamuk yang mengganggu, ya! . 


Teknik cerdas untuk menangkap nyamuk 


Sebuah video viral menyarankan cara cerdas untuk menangkap nyamuk dengan kedua telapak tanganmu. 

Ketika kamu menyapu udara ke arah nyamuk, mereka justru akan lolos dari tepukanmu karena beratnya yang sangat ringan. Namun, jika kamu memilih untuk menampar nyamuk dengan kedua telapak tanganmu, kamu akan menciptakan gaya dorongan udara yang lebih kuat.


Teknik cerdas untuk menangkap nyamuk
Kedua tangan yang bertepuk akan menciptakan dua kolom udara yang saling berhimpit, sehingga menciptakan area yang lebih besar untuk menjebak nyamuk saat tanganmu bertemu. Dengan teknik ini, kamu bisa lebih efektif menangkap nyamuk tanpa perlu repot-repot terus-menerus menyapu udara.



Satu cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan mengempaskan tepukan pada serangga itu. Dengan melakukan ini, kamu bisa menciptakan sebuah perangkap udara untuk menangkap nyamuk tersebut sebelum diserang. 

Menurut Jeannine Dorothy, seorang ahli entomologi dari Maryland, salah satu tempat terbaik untuk menepuk nyamuk adalah di lengan atau leher. Dia menyarankan, "Biarkan mereka mendarat dan mulai menggigit, lalu pukul mereka dengan cepat." 


Memahami prilaku nyamuk 


Current Biology
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Current Biology, disebutkan bahwa menepuk nyamuk yang akan menggigit ternyata bisa membuat nyamuk tersebut belajar untuk menghindari risiko. Konon, serangga itu bisa belajar dari pengalaman buruk yang baru saja dialaminya dan mengingat aroma tubuh seseorang agar bisa menghindari orang tersebut di masa mendatang. Tentu saja, ini merupakan temuan menarik yang menandai sebuah kemajuan dalam pemahaman tentang perilaku nyamuk.

Para peneliti dari Current Biology juga menemukan bahwa nyamuk sebenarnya mampu belajar dan mengingat. Hal ini terbukti dengan perilaku nyamuk yang menghindari pembalasan dari korbannya dengan mengangkat jarum penyedot darah dengan lembut setelah menyedot darah. 

Menurut ahli saraf Universitas Washington, Jeff Riffell, nyamuk sebenarnya tertarik pada bau-bau tertentu yang tercium. Saat nyamuk menggigit manusia, mereka seakan-akan bermandikan dalam aroma karakteristik dari orang yang digigit.

Mengapa menepuk nyamuk yang akan menggigit bisa membuat nyamuk belajar dan menghindari gigitan? 


Menurut peneliti, ketika korban menepuk nyamuk walau tidak langsung membunuhnya, nyamuk akan merasakan getaran kecil yang cukup mengganggu selama kurang lebih 20 menit. 


Getaran tersebut hampir sebanding dengan sensasi gema yang menjalar ke lengan setelah kita ditampar. 

Jadi, kesimpulannya adalah menepuk nyamuk yang menggigit bisa memberikan efek yang cukup mengganggu bagi nyamuk tanpa membuatnya mati.

Apakah cara ini bisa menjadi solusi untuk menghindari gigitan nyamuk di masa depan? 


Para peneliti masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dari metode ini. Namun, tentu saja, ini merupakan langkah yang menarik untuk memahami lebih dalam tentang perilaku nyamuk dan mungkin memberikan alternatif yang efektif dalam mengendalikan populasi nyamuk yang berkeliaran di sekitar kita.

Jadi, siap-siaplah untuk memberikan "pelajaran" kepada nyamuk yang akan menggigit Anda berikutnya. 

Siapa tahu, mungkin dengan menepuk nyamuk secara lembut, Anda bisa membuat mereka mengingat aroma badan Anda dan menghindari Anda di masa mendatang. 

Setidaknya, ini merupakan langkah pintar dan kreatif dalam menjaga diri dari serangan nyamuk yang kerap kali mengganggu kita. 

Semoga temuan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi kita semua. Amiin ..


hehe..



Salam

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Nyamuk Datang Lagi? Tenang, Kita Punya Cara Memukulnya Dengan Benar!
Ditulis oleh irvan mulya
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://irvanmulya.blogspot.com/2024/08/nyamuk-datang-lagi-tenang-kita-punya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Blog ini saya setting ke Dofollow . Silahkan isi Komentar Anda dengan kalimat yang baik . Tidak berbau SARA dan anti Spam . Terima kasih sudah mengisi Komentar

Most Popular

Puisi Islami Terbaik

Best Wallpaper

Belajar Internet Marketing Pemula support Original design by Bamz | Copyright of Irvan Mulya - Panduan.

Featured Post

10 Cara Mendapatkan Uang dari nge-Blog

Kata siapa ngeblog pekerjaan iseng ? Kata siapa ngeblog kalah gengsi dengan bikin website situs besar ? Kata siapa ngeblog kerjaan ora...

Postingan Populer

Total Tayangan Halaman

Tentang Saya

Tentang Saya
Irvan Mulya Panduan