Tanda-Tanda Kecanduan Game - Online-

Posted by irvan mulya Minggu, 20 Januari 2013 0 comments
Tanda-Tanda Kecanduan Game
Era Internet kini semakin mewabah , diantaranya banyak anak-anak dan remaja yang kini mulai kecanduan terhadap game dan permainan online di  internet . Sebut saja seperti diberitakan bahwa ada seorang pria di Beijing, China, tewas setelah tiga hari berturut-turut bermain game online tanpa henti. Tragisnya lagi, ia menjemput ajal di sebuah warnet yang menyediakan layanan game online. Selama asyik bermain game, pria ini bahkan tidak tidur dan makan apa pun.



Tidak jauh beda kondisi di Indonesia , diberitakan pula bahwa di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grogol misalnya, sudah empat remaja yang dirawat karena kecanduan game selama 2012 ini. Salah satunya kini masih dirawat di Instalasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja, RSJ Soeharto Heerdjan, atau yang lebih dikenal dengan nama RSJ Grogol karena terletak di kawasan Grogol, Jakarta Barat.

Remaja tersebut, sebut saja namanya Andi, sebenarnya anak yang berprestasi di sekolahnya. Masalahnya hanya satu, remaja berusia 17 tahun ini tidak pernah bisa lepas dari permainan video game yang memang sudah menjadi kegemarannya sejak masih kecil. Saking asyiknya memainkan video game, Andi mulai menarik diri dari pergaulan dan sering bolos sekolah. Orangtua yang merasa khawatir berusaha melarang, namun ketika video gamenya diambil, maka Andi mulai kehilangan kontrol lalu ngamuk-ngamuk.

Korea Selatan mungkin satu-satunya negara yang bisa mengidentifikasi dan mengobati kondisi kecanduan terhadap game komputer dan internet. Setelah didaulat sebagai negara dengan broadband internet tercepat di dunia, pemerintah Korsel menghabiskan dana jutaan pertahunnya untuk mengidentifikasi dan mengobati salah satu jenis kecanduan baru ini.  Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat baru bisa menemukan adanya gelombang kecanduan game dan internet ini ketika infrastruktur teknologinya telah mengalami kemajuan.  Di Amerika Serikat, kecanduan game dan internet tidak termasuk dalam daftar resmi Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. Ketika direvisi pun, American Psychiatric Association menyatakan bahwa 'Gangguan Penggunaan Internet (Internet Use Disorder) sebagai gangguan yang masih membutuhkan studi lanjutan.

Dr. Han Doug-Hyun dari Chung-Ang University Hospital di Seoul, ibukota Korsel. Laboratorium tempat Han bekerja mengobati orang-orang yang kecanduan game , menunjukkan sejumlah tanda peringatan untuk melihat apakah seseorang mengalami kecanduan game dan internet atau tidak, diantaranya seperti dilansir CNN : 

1. Pola hidupnya terganggu dan tak teratur
2. Berpotensi membuat pelakunya kehilangan pekerjaan atau berhenti sekolah .
3. Butuh kepuasan yang lebih tinggi. Sehingga banyak waktu yang akan terbuang percuma .
4. Pelaku akan mudah marah atau cemas ketika harus melepaskan aktivitas 'utamanya' itu, apalagi jika dipaksa untuk melakukannya.
5. Ketagihan. Pecandu game dan internet mengalami kondisi ketagihan atau selalu butuh memainkan game atau online internet ketika sedang jauh dari dunia digitalnya itu.
6. Tidak bisa berkonsentrasi ketika melakukan pekerjaan atau tidak bergairah untuk belajar di sekolah .
7. Rela berkorban segalanya untuk game dan internet on line walaupun harus menguras energy , waktu dan juga materi  .
8. Menunjukan sikap yang aneh yang tidak sewajarnya ia lakukan tatkala ia sadar atau tidak sadar , karena ini semua pengaruh game .
9. Menarik diri dari pergaulan jika dia seorang pecundang game , mudah emosional .
10. Simbol-simbol , karakter-karakter game ia tiru . Bahkan yang lebih extrim ia manifestasikan karakter tokoh game yang keras ke dunia nyata .

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tanda-Tanda Kecanduan Game - Online-
Ditulis oleh irvan mulya
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://irvanmulya.blogspot.com/2013/01/tanda-tanda-kecanduan-game-online.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Blog ini saya setting ke Dofollow . Silahkan isi Komentar Anda dengan kalimat yang baik . Tidak berbau SARA dan anti Spam . Terima kasih sudah mengisi Komentar

Most Popular

Puisi Islami Terbaik

Best Wallpaper

Belajar Internet Marketing Pemula support Original design by Bamz | Copyright of Irvan Mulya - Panduan.

Featured Post

10 Cara Mendapatkan Uang dari nge-Blog

Kata siapa ngeblog pekerjaan iseng ? Kata siapa ngeblog kalah gengsi dengan bikin website situs besar ? Kata siapa ngeblog kerjaan ora...

Postingan Populer

Total Tayangan Halaman

Tentang Saya

Tentang Saya
Irvan Mulya Panduan