Translate

Agar Jangan Tertipu di Internet

Posted by Irvan Mulya Subrata Friday, November 9, 2012 1 comments
Anda mau Belanja Online ?? , hati-hati ! tidak semua yang Anda lihat di Internet itu lurus-lurus aja alias 'bener' , sebagiannya bahkan boleh dikatakan 'tidak sedikit' yang berbau 'kriminal' alias penipuan dan anda jangan sampai jadi korban . Ada beberapa TIPS untuk  anda jangan tertipu di internet . Anda harus cermat sebelum melakukan transaksi atau sebelum uang anda keluar dari rekening anda . 


Berikut tips dan trik nya agar anda jangan tertipu di internet :
  1. Selalu simpan alamat link Blog/website/facebook online shop tempat kita belanja, untuk mengantisipasi kita lupa atau kita di blokir sama mereka.
  2. Oknum yang memang JUJUR , biasanya selalu menyertakan alamat Rumah , Toko Offlinenya dengan nyata . Dan menyertakan No Telp permanent nya .
  3. Selalu simpan nomer telepon/nama/nomer rekening/email pemilik online shop tersebut.
  4. Cari di search engine, google misalnya mengenai online shop tersebut terutama nama direkening, nomer telepon, nama facebook/blog/webssite online shop tersebut. hal ini untuk mengetahui track record olshop yang bersangkutan.
  5. Cek di website kurir dari no resi yg tertera di album testimonial untuk mengetahui resi palsu atau bukan.
  6. Cek komentar-komentar di wall dan foto dari pembeli – pembeli sebelumnya, disini kita bisa membedakan mana pembeli klonengan (palsu) atau pembeli asli.
  7. Gunakan Rekening Bersama yang terpercaya, cek background rekening bersama tersebut di google .
  8. Untuk mengecek telp langsung keberadaan si penjual . Jangan lewat sms . Pastikan dia bukan Fiktif .
  9. Apabila dari point nomer 3,4,5 dan 6 ada sesuatu yang meragukan lebih baik batalkan saja pembelian atau cari online shop yang lain.
Atau secara terperinci bisa terklasifikasikan menjadi 4 point inti :


1. Branding
Sebaiknya kamu bertransaksi kepada orang-orang yang telah mendapat reputasi. Reputasi itu bisa dilihat dari disitus mana saja dia menawarkan produknya. Dia terpercaya jika menawarkan produk ditempat-tempat yang sangat dipercaya (Misalnya Amazon, Ebay, dll) apalagi produk tersebut mendapatkan rating yang tinggi dari konsumen sebelumnya. Walau tidak mempunyai rating pun sebenarnya mereka masih bisa dipercaya karena web-web yang mempertemukan antara penjual dan pembeli mempunyai cara-cara khusus tersendiri yang sangat ampuh dalam memfilter para penipu. Jika dia menawarkan produknya lewat suatu forum (Kaskus, ads-id, dll) maka tidak ada salahnya kamu mengecek keaktifannya dulu diforum tersebut. Tak ada salahnya juga menanyakan karakter sipenjual kepada orang lain yang juga aktif diforum itu.

2. Profesionalitas
Jika dia menawarkan produkya lewat website pribadi, maka pelajarilah lebih dulu isi dari website tersebut. Bacalah halaman tentang kami, disclaimer, privasy policy, term of service, dan tata cara pelayanan yang dia berikan. Jika halaman-halaman tersebut tidak ditemukan, maka bisa dibilang web tersebut tidak profesional dan tidak bertanggung jawab.


3. Contact
Kita wajib mengetahui informasi penjual dengan selengkap-lengkapnya. Jangan mau jika yang kamu tahu dari dia hanya sekedar email dan no hp. Kalau bisa kamu harus mengetahui akun facebook dan twitternya karena disana kamu bisa menebak-nebak karakter si doi dengan memperhatikan aktifitasnya didunia maya.

4. Garansi
Sebelum melakukan transaksi, ada baiknya kamu mempertanyakan dulu tentang garansi produk yang ditawarkan. Juga memahami bagaimana / saat seperti apa garansi itu akan berlaku. Jika garansi itu tak terpenuhi, maka bagaimana cara menyelesaikan permasalahannya. Apakah melalui jalur meja hijau? Itu tergantung kesepakatan yang dibuat sebelumnya.

intinya jangan terlalu mudah tergiur dengan murahnya harga dan kemudahan yang ditawarkan. Di Indonesia kita dituntuk sedikit lebih teliti dalam bertransaksi online.

So... be careful
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Agar Jangan Tertipu di Internet
Ditulis oleh Irvan Mulya Subrata
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://irvanmulya.blogspot.com/2012/11/agar-jangan-tertipu-di-internet.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

afrilla adhitya said...

trima kasih sob sudah share ini,menambah ilmu tau

Post a Comment

Blog ini saya setting ke Dofollow . Silahkan isi Komentar Anda dengan kalimat yang baik . Tidak berbau SARA dan anti Spam . Terima kasih sudah mengisi Komentar

Previous Post

Belajar Internet Marketing Pemula support Original design by Bamz | Copyright of Belajar Internet Marketing.