Ciri-ciri Bisnis Online Penipuan

Posted by irvan mulya Senin, 14 Januari 2013 8 comments
Antiscam.web.id – Inilah ciri-ciri bisnis online penipuan yang sebaiknya anda hindari agar tidak tertipu olehnya:


1. DOMAINNYA GRATISAN

Bisnisnya masih perlu dipertanyakan jika menggunakan domain gratis. Bagaimana kita bisa percaya jika situsnya gratisan?

Ini menunjukkan bahwa bisnis tersebut tidak aman dan dapat dimatikan (di-non-aktifkan) kapan saja oleh penyedia domain gratis tersebut. Contoh layanan domain gratis yang sudah tidak aktif lagi: co.tv, cz.cc, fren.jp, dan sebagainya.



Jika website/situs berbayar saja masih belum tentu bisa dipercaya, apalagi situs gratisan? Bisnis tanpa modal? Atau memang ingin menipu?


2. WHOIS DOMAINNYA PRIVATE/DISEMBUNYIKAN

Waspadalah jika informasi tentang kepemilikan domainnya (whois recordnya) disembunyikan/private. Yang berarti bahwa tidak ada yang bertanggung jawab atas domain tersebut, karena pemiliknya tidak berani menunjukkan identitasnya.


3. WEB HOSTINGNYA GRATISAN

Bisnis itu tidak aman jika menggunakan web hosting gratisan. Juga tidak stabil, tidak jelas kualitas, performance, atau uptime-nya. Layanan hosting gratis seperti ini bisa mati/dimatikan sewaktu-waktu oleh penyedianya. Contoh layanan free hosting yang sudah tidak aktif lagi: byteact.com, 000webhost.org, geocities.com, oh-rainbow.net, dan lain-lain.


4. IDENTITAS PEMILIKNYA TIDAK JELAS

Hati-hati jika tidak ada identitas yang jelas tentang pemiliknya. Tidak ada yang bertanggung-jawab atas website/bisnis ini.


5. HANYA DIKELOLA OLEH SATU ORANG

Bisnis seperti ini berpotensi penipuan, karena hanya dikelola oleh satu orang. Jika terjadi sesuatu padanya (seperti: kecelakaan/sakit/mati) maka bisnis tersebut tidak bisa berjalan lagi, ini berpotensi scam terhadap pembeli yang membayar duluan tapi tidak mendapat produk.


6. ALAMATNYA TIDAK JELAS

Hindari bisnis online yang tidak memiliki alamat yang lengkap dan jelas.


7. TIDAK ADA NOMOR TELEPON LOKALNYA

Bisnis yang bisa dipercaya adalah jika memiliki nomor telepon lokal (sesuai alamatnya) yang bisa dihubungi.


8. TIDAK ADA FOTO PEMILIKNYA

Bisnis online lebih bisa dipercaya jika pemiliknya dapat/berani menunjukkan foto dirinya.


9. ADA KEBOHONGAN DALAM ISI/KONTENNYA

Jangan percaya jika isinya terlalu membesar-besarkan dan/atau terdapat unsur-unsur penipuan. Tepatnya “berbohong untuk menarik pembeli“. Salah satu contoh kata-kata penipuan yang populer adalah: “Produk bonus ini akan hangus jika anda memesan setelah tanggal xxx“, dan “Rahasia mengambil uang di ATM tanpa kurangi saldo awal“.


10. SISTEM BISNISNYA TIDAK JELAS

Tidak dijelaskan secara transparan, dan ada hal-hal yang disembunyikan. Banyak sekali penipu yang melakukan hal ini. Jangan mengikuti/membeli jika anda tidak tahu apa-apa tentang bisnis tersebut.


11. PRODUKNYA BURUK

Hati-hati, jika produknya ilegal, atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan, atau tidak berkualitas, dan hanya sebagai label/kamuflase untuk melakukan penipuan.


12. MONEY GAME

Money game adalah bisnis penipuan yang terlarang dan tidak aman, karena penghasilannya hanya dari perekrutan member baru, bisnis ini tidak akan berjalan jika sudah tidak ada member baru.

Tidak ada produk yang dijual, atau “produknya” hanya sekedar label dan pengantar untuk mendapatkan komisi dan keuntungan. Biasanya owner bisnisnya menolak disebut Money Game atau program piramid dengan alasan “ada produk” yang dijual, meski “produk” tersebut hanya asal-asalan (asal ada) atau hanya sekedar label untuk mendapatkan komisi (dari downline).

Tidak ada KEPASTIAN bahwa web/bisnis tersebut AKAN BERJALAN SELAMANYA.
Maksudnya, Adminnya harus siap bertanggung jawab MEMASTIKAN bahwa web/bisnis tersebut AKAN BERJALAN SELAMANYA. Karena jika web/bisnis tersebut tiba-tiba berhenti, maka dia telah merugikan para membernya yg sudah tidak bisa mendapat downline baru.

Banyak sekali situs bisnis money game yang tiba-tiba BERHENTI dan secara otomatis telah merugikan para membernya (karena mereka sudah tidak bisa melanjutkan bisnis tersebut), diantaranya adalah:

http://www.bisnis7milyar.com, http://www.investasikami.com, http://www.investorsukses.com, http://www.multiaset.com, http://www.depositobersama.com, http://www.uangkolek.com, http://www.sukses200rb.com, http://www.pensiunmuda.net, http://www.10ribuku.com, http://www.uangsutra.com, http://www.bisnis3juta.com, go-investor.com, jalankaya.com, http://www.finansialabadi.com, http://www.profitcerdas.com, http://www.75ribu.com, http://www.asetjutawan.com, amanahinvestasi.com

TERBUKTILAH bahwa bisnis penipuan money-game memang TIDAK AKAN BERJALAN SELAMANYA.

Karena situsnya MATI, maka “bisnisnya” sudah tidak bisa berjalan lagi, tidak ada lagi sumber penghasilannya/pemasukannya, dan para membernya sudah tidak bisa lagi menghasilkan uang (tepatnya merekrut orang), berarti mereka adalah KORBAN yang dirugikan oleh bisnis ini!!!

Padahal jumlah membernya yang dirugikan (tidak dapat pemasukan) tentu lebih banyak (karena sistemnya piramid).

Fatwa Lajnah Daimah Saudi nomor 22935 demikian halnya Majma’ Fiqh (Lembaga Fikih) Sudan dalam keputusan rapat nomor 3/23 tertanggal 17 Rabiul Akhir 1424/17 Juni 2003, sepakat mengharamkan bisnis dengan sistem piramid seperti ini, lihat: http://www.serambimadinah.com/….

*Al Lajnah Ad Daimah lil buhuts wal ifta (komisi khusus bagian riset ilmiah dan fatwa) adalah sebuah lembaga riset dan fatwa di Negara Arab Saudi, yang beranggotakan para ulama yang terkemuka yang memiliki kapabilitas di bidangnya yang diakui dunia.

Lihat juga:

http://www.dakwatuna.com/2009/04/2247/hukum-bisnis-mlm-dan-money-game-bagian-kedua/
http://www.scribd.com/doc/46158997/Analisis-Hukum-Tentang-Bisnis-Money-Game-Skema-Piramida

Bisnis dengan sistem piramid merupakan bisnis yang dihukumi ilegal di banyak negara di dunia: http://en.wikipedia.org/wiki/Pyramid_scheme

Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) juga telah mengajukan RUU Anti Skema Piramid: http://www.apli.or.id/….

Bisnis ini merupakan jaringan pemasaran terlarang, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 32/M-DAG/PER/8/2008:

“Jaringan pemasaran terlarang adalah kegiatan usaha dengan nama atau istilah apapun dimana keikutsertaan mitra usaha berdasarkan pertimbangan adanya peluang untuk memperoleh imbalan yang berasal atau didapatkan terutama dari hasil partisipasi orang lain yang bergabung kemudian atau sesudah bergabungnya mitra usaha tersebut, dan bukan dari hasil kegiatan penjualan barang dan/atau jasa.” (Pasal 1 ayat 12)

Selengkapnya, baca/klik di sini.


12. SPAM

Waspadalah, karena jika bisnis tersebut terbukti melakukan spam atau menyediakan tools untuk spamming. Menunjukkan bahwa pemilik/pelakunya tidak punya etika dalam berbisnis.

Merupakan cara promosi yang dikirimkan secara massal (ke banyak tujuan sekaligus) dalam waktu yang bersamaan dan secara online. Sasarannya adalah: email, komentar pada blog, forum diskusi, shoutbox, dan sebagainya. Spam merupakan SAMPAH yang sangat mengganggu, karena tidak dikehendaki datangnya, tidak diminati isinya, dan sering datang secara bertubi-tubi, juga sering membohongi. Ini menunjukkan bahwa pelakunya benar-benar tidak punya etika dalam berbisnis.

Baca: http://spam.abuse.net/overview/whatisspam.shtml dan http://en.wikipedia.org/wiki/Spam_(electronic)


13. TESTIMONIALNYA PALSU

Bisnis tersebut 100% penipuan jika testimoni/kesaksian membernya palsu, buatan, atau editan.


14. MENUNJUKKAN MUTASI REKENING PALSU

Jangan pernah mengikuti bisnis online yang memamerkan screenshot penghasilannya, karena hampir semuanya adalah: palsu, buatan, atau editan.

Jangan mudah percaya dengan bukti-bukti penghasilan seperti itu, karena bisa dibuat dengan mudah oleh siapapun, silahkan baca: 

http://sanjisan.wordpress.com/2010/01/16/cara-mudah-membuat-mutasi-rekening-bank-palsu/

Atau Anda ingin mencoba membuat Rekening Bank Palsu sendiri ? . silahkan anda coba disini

Lihatlah, betapa mudahnya menipu orang ....

Sebenarnya apa tujuannya menampilkan bukti penghasilan seperti itu??
Kebanyakan situs penipuan selalu menunjukkan bukti-bukti (palsu) penghasilannya untuk menipu orang , meyakinkan orang agar orang lain percaya dan terkelabui oleh kelicikan dan kebusukannya .


15. PEMBAYARANNYA TIDAK AMAN

Kurang aman jika uang yang dibayarkan pembeli langsung masuk ke rekening pemilik/pengelolanya. Karena pembeli belum tentu bisa mendapatkan uangnya kembali jika ternyata ditipu.

Lebih aman jika menggunakan Payment Gateway atau RekBer, yaitu pihak ketiga yang menjadi sarana pembayaran antara penjual dan pembeli. Adanya Payment Gateway dapat menanggulangi penipuan. Contoh Payment Gateway yaitu: PayPal, KasPay (lokal), iPaymu (lokal), FasaPay (lokal), Moneybookers, 2Checkout, Google Checkout, Authorize.net, dan WorldPay.

Rekening Bersama atau RekBer merupakan Payment Gateway lokal di Indonesia. Diantaranya adalah: RekBer dan LikeToPay. Contoh cara kerjanya: pembeli memesan barang, lalu mengirimkan uang pembayarannya pada RekBer yang dia percaya, dan uang tersebut akan dikirimkan oleh RekBer kepada si penjual jika pembeli sudah menerima barang/produk yang dibelinya.


KESIMPULAN

Jika anda tidak ingin tertipu, hindarilah bisnis online yang memiliki salah satu atau beberapa ciri-ciri di atas. Dan sampaikan juga kepada orang lain untuk menghindarinya.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima masih.

Team Anti Scam Indonesia
https://antiscam.web.id
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ciri-ciri Bisnis Online Penipuan
Ditulis oleh irvan mulya
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://irvanmulya.blogspot.com/2013/01/ciri-ciri-bisnis-online-penipuan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

8 comments:

bisnis online paling murah mengatakan...

trimah kasih gan atas informasinya, mudah-mudahan memberikan pencerahan...

Sehat dan Sejahtera@Vemma Business mengatakan...

Terima kasih , informasi yg sangat membantu,
ijinkan sedikit share tentang bisnis online anti scam,
BERBEDA dengan BISNIS ONLINE pada umumnya, NETWORK MARKETING TIDAK Mengenal RESIKO SCAM , Real Produknya dan bermanfaat dan tentunya mempunyai ijin . sama sama berbasis online tapi sangat berbeda


irvan mulya mengatakan...

Network marketing apa yang saya ketahui selalu berujung pada MLM . Dan bisnis MLM yang tidak memiliki basic yg jelas maka ada kemungkinan PENIPUAN sekalipun memiliki basic yg JELAS , tetap yang diutungkan adalah Upline yang paling awal . Downline ? hanya gigit jari . Sedikit sekali diantara mereka yang sukses .

Unknown mengatakan...

This is a 100% scam site.
If you do not want to lose your money, don't have to make purchases at their company.

DANGER..!!!
www.suzanasport.com - is 100% SCAM
www.rudycycle.com - is 100% SCAM
www.mandiri-cycles.com - is 100% SCAM
www.winarsportbike.com - is 100% SCAM
www.compactcycles.com - is 100% SCAM

I see they are very similar sites.!! Maybe they are the same owners. Do not make purchases at their company.

DANGER..!!!!

SCAMBOOK mengatakan...

This is a 100% scam site.
If you do not want to lose your money, don't have to make purchases at their company.

DANGER..!!!

www.suzanasport.com
www.mandiri-cycles.com
www.winarsportbike.com
www.rudycycle.com
www.rideconceptstore.com
www.rudymowers.com
www.rudycoffee.com
www.oto-cycle.com
www.darmawanrideshop.com
www.counter-bikes.com
www.sanjaya-cycles.com
www.kamurangbike.com
www.feloza.com
www.compactcycles.com
www.oncycle.net
www.reicycles.com
www.artobikeonline.com
www.cycles-store.com
www.saprizalmowers.com
www.bemincycle.com
www.lawnskidsteer.com
www.iwan-kencana.com
www.sorbike.com
www.zonefishingstore.com
www.kencana-market.com
www.nadamusik.net
www.shopmybaby.com
www.total-bikes.com
www.desmamower.com
www.deny-setiawan.com
www.rctoys888.com
www.bgses.com
www.poohbabyshop.com
www.orbit-bike.com
www.primeextrimesport.com
www.goo-bikes.com
www.shandyputra.com
www.gobikestore.com
www.onlinesportstation.com
www.astaguna.com
www.pancasport.com
www.idbikestore.com
www.suadikamaulia-store.com
www.point-cycles.com
www.store-bikes.com
www.palace-bike.com
www.nation-bike.com
www.hot-cycles.com
www.janggabikes.com
www.cappella-music.com
www.spectrasportscenter.com
www.agusinga.com
www.methosafitness.com
www.abud-store.com
www.aangkoswara-santoso.com
www.fishingcastle.com
www.murahbagusshop.com
www.desmaheryanti.com

If you do not want to lose your money. So we hope you to not make the purchase at the fake company. DANGER...!!!

SCAMBOOK mengatakan...

SUZANASPORT.COM IS SCAM...!!!!

It's shame that I disclose such scam issue what I face on 1 weeks ago. However in order to avoid such matter, please allow me to share such information.
I placed a bike order to following company "Suzana Sport". When I placed order to them, They said the price includes the cost of shipping bikes. And they sent us invoice with signature and bill of lading to us. So I trusted to them.

My Order :
---------
1 Unit 2013 Scott Foil Team Issue Road Bike : $ USD 3375

Details payment via Bank Transfer:
---------------------------------
Account Name : SUZANA
Account Number : 0288-5184-67
Bank Name : Bank Negara Indonesia (BNI)
Bank Branch : Medan
Swift Code : BNINIDJA

Until now I've repeatedly contacted them. And they do not reply to emails from me. I feel have been cheated by them. I hope that no more victims like me. And never again there are people to make purchases at their company. Because they are fraudsters.

SUZANA SPORT :
-------------
Jl.Ir.H.Juanda Baru No.54
Medan-20159-Indonesia
E-mail: info@suzanasport.com
Telephone: +6289634147434
Website : http://www.suzanasport.com

irvan mulya mengatakan...

@ SCAMBOOK : Thanks for your information ...

Anonim mengatakan...

Saya M.Riza salah seorang member di http://theunitedfinance.com baru beberapa bulan dan sekarang sirusnya tidak dapat di akses lagi (suspendid) apakah ini juga termasuk spam...?

Posting Komentar

Blog ini saya setting ke Dofollow . Silahkan isi Komentar Anda dengan kalimat yang baik . Tidak berbau SARA dan anti Spam . Terima kasih sudah mengisi Komentar

Most Popular

Puisi Islami Terbaik

Best Wallpaper

Belajar Internet Marketing Pemula support Original design by Bamz | Copyright of Irvan Mulya - Panduan.

Featured Post

10 Cara Mendapatkan Uang dari nge-Blog

Kata siapa ngeblog pekerjaan iseng ? Kata siapa ngeblog kalah gengsi dengan bikin website situs besar ? Kata siapa ngeblog kerjaan ora...

Postingan Populer

Total Tayangan Halaman

Tentang Saya

Tentang Saya
Irvan Mulya Panduan