Sejuta Manfaat Lari Pagi

Posted by irvan mulya Sabtu, 02 Juli 2011 1 comments
JAKARTA . Sebagai bahan intermezo untuk blog ini . Boleh dong selintas pintas saya berbicara diluar jalur tema blog . Biar lebih bervariasi dan ada sisi manfaat yang lebih banyak yang bisa di rasakan oleh para blogger maniak .

Saya ingin mengupas masalah lari pagi . Yang selintas kadang oleh kita sering di sepelekan . Walaupun apa yang saya utarakan lagi-lagi bukan hal baru ,..tapi setidaknya bisa mengingatkan kita bersama akan pentingnya lari pagi . Diantara keuntungannya :



a. Tentunya yang paling utama membuat jantung anda kuat dan sehat,
b. Juga memperlancar peredaran darah dan pernafasan bagi yg punya masalah dengan THT
b. Dapat mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan.
c. Dapat menetralkan depresi , stress . Ini adalah keajaiban lari pagi .
d. Meningkatkan gairah hidup , semangat bekerja , fisik terjaga .
e. Yang paling Urgent membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan sekaligus baik untuk para manusia yang hobi diet.
f. Selera makan anda akan berubah .
g. Jangan kaget jika kaki anda tampak lebih atletis , wajah semakin tampak cerah dan kulit lebih sehat .
h. Tidur pun akan lebih nyenyak .

Hal – hal positif yang dapat diambil dari lari pagi :

Lari pagi juga dapat memberi Anda kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila lari dilakukan dengan benar, seseorang akan merasakan kelelahan saat Anda telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Anda juga mendapat manfaat dengan merasakan nyaman di otot selama lari pagi.
Seseorang akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda, juga dapat mendengarkan suara burung berkicau, suara air yang mengalir, atau suara ombak di laut (jika Anda melakukannya di tepi laut). Selama lari pagi seseorang juga dapat merasakan perasaan senang.

Pakaian Dan Sepatu

Pakaian yang Anda kenakan harus sesuai dengan udara saat itu. Saat udara hangat, celana pendek dan t-shirt cukup nyaman untuk dikenakan. Namun, jika Anda melakukan rute yang jauh tak ada salahnya membawa pakaian ekstra di tas kecil, untuk berjaga-jaga jika udara jadi buruk. Pilih pakaian yang dapat memberikan ventilasi bagus, hindari yang penuh jahitan, bertepi tajam atau yang membungkus dengan ketat.

Sedang untuk sepatu, kenakan yang lembut dan nyaman, tapi dengan bentuk yang pas dan cocok di kaki. Pilih yang alasnya dapat ditekuk dengan lentur dalam pergerakan kaki Anda tapi cukup mendukung saat terhentak dengan tanah, sehingga tidak membuat Anda terpeleset.

Periode / Sesi Saat Lari Pagi

Lari pagi dapat ditempuh dalam berbagai cara : Jarak yang panjang antara 2-20 km dalam kecepatan biasa; Jarak 3-6 km dalam kecepatan tinggi; lari dengan kecepatan sedang ditempuh dalam 4-8 kg.

Bagaimana Seseorang Melakukan Sesi Lari Pagi

Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda. Kalau Anda sudah melakukan setengah rute, Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan Anda. Jika rute cukup panjang, Anda bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan lari Anda.

Peregangan Tubuh Dan Setelah Beberapa Sesi

Sebelum melakukan lari pagi sangat disarankan untuk melakukan peregangan , dan bukan hanya pada otot kaki Anda, tapi juga keseluruhan tubuh, lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya.

Kapan Dan Seberapa Sering

Jika lari pagi hanya satu-satunya aktivitas olahraga yang dilakukan, melakukannya tiap dua hari sekali adalah ukuran idealnya. Itu sudah cukup untuk memberikan seluruh keuntungan bagi kesehatan dan meningkatkan kondisi, dan daya tahan tubuh Anda. Tapi jika Anda mengkombinasikan lari dengan olah raga lain, lakukan seminggu dua kali cukup baik bagi kesehatan. Mungkin Anda merasa lapar saat akan melakukan lari pagi, tapi sebaiknya jangan melakukannya setelah makan. Anda bisa melakukannya kapanpun sepanjang hari, tapi lebih baiknya melakukan lari sebagai kegiatan pertama di pagi hari.

Bagaimana Kita Memulainya

Jika Anda tak biasa melakukan latihan fisik, sebelum memulai lari pagi, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan, yang tidak disarankan untuk melakukan lari pagi. Untuk pertama-tama, sebaiknya Anda berlari-lari di tempat selama 10 menit. Lalu Anda dapat menambah waktu, jarak dan kecepatan setelah terbiasa.

dari berbagai sumber .

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejuta Manfaat Lari Pagi
Ditulis oleh irvan mulya
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://irvanmulya.blogspot.com/2011/07/sejuta-manfaat-lari-pagi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

irvan mulya mengatakan...

oke thanks

Posting Komentar

Blog ini saya setting ke Dofollow . Silahkan isi Komentar Anda dengan kalimat yang baik . Tidak berbau SARA dan anti Spam . Terima kasih sudah mengisi Komentar

Most Popular

Puisi Islami Terbaik

Best Wallpaper

Belajar Internet Marketing Pemula support Original design by Bamz | Copyright of Irvan Mulya - Panduan.

Featured Post

10 Cara Mendapatkan Uang dari nge-Blog

Kata siapa ngeblog pekerjaan iseng ? Kata siapa ngeblog kalah gengsi dengan bikin website situs besar ? Kata siapa ngeblog kerjaan ora...

Postingan Populer

Total Tayangan Halaman

Tentang Saya

Tentang Saya
Irvan Mulya Panduan