Translate

Cara melindungi PC Warnet atau Rental sendiri

Posted by Irvan Mulya Subrata Thursday, December 31, 2009 0 comments
Memang tidaklah sama memperlakukan PC pribadi dengan PC yang digunakan untuk warnet . PC pribadi mungkin kita bisa dengan puas melakukan berbagai macam aplikasi , seperti mengedit , memodifikasi , mensetting dan lain-lain. Karena demikianlah PC pribadi . Toh yang memiliki dan yang bertanggung jawab anda sendiri siapa yang ngelarang iya ngga ? ... (nenek2 aja tahu ..)

Tapi berbeda halnya jika kita memiliki PC yang diperuntukan untuk Warnet atau minimal PC untuk rental . Banyak sisi yang harus kita pertimbangkan dari berbagai macam feature yang ada di Operating System (OS) . Jika kita mengabaikan sisi kebijakan ini maka jangan harap PC Warnet atau Rental anda akan berumur panjang . Sekurang-kurangnya anda akan selalu mendapatkan masalah seputar PC . Mulai dari kerusakan system secara umum , configurasi system yang acak-acakan hingga PC menjadi Crash ... sampai yang paling sering adalah “serangan virus, spyware” dari berbagai jenis & macam-nya .

Contohnya saya disini menggunakan OS Windows XP service pack 2 . Maka tidak semua feature dari OS Windows kita bebaskan untuk bisa di akses Read / write oleh All Users (baca: pengguna/pemakai) . Tapi disini ada beberapa point penting yang harus kita protect demi keamanan dan kesehatan PC anda .

Dari feature OS Windows diantaranya :

1. Buatlah Login Account untuk Anda dengan akses level administrator dan untuk beberapa account Users dengan akses Limited (akses yang dibatasi) . Hal ini untuk mencegah Install dan uninstall program atau read/write beberapa program aplikasi dari Users .

2. Sembunyikan feature-feature berbahaya dari windows yang bisa menjadi pintu masuk untuk mengobrak abrik system OS di PC anda . Diantara feature berbahaya tersebut yang wajib anda Hide (sembunyikan) adalah : Control Panel , Run Command , Search , My Computer , My Network , Set Program Access Default , System Administrative Tools .

3. Aktifkan Windows Firewall anda .

4. Jangan berikan otorisasi untuk users dengan kemampuan Full Control pada beberapa kondisi .

5. Untuk warnet menggunakan Program Billing maka anda disarankan bila perlu mematikan aplikasi yang berformat exe , matikan Run Command , Sys Command dan Control panel .

Dari Program Pendukung lainnya dalam rangka Protect PC anda diantaranya :

1. Install Program Deepfreeze atau program sejenis Deepfreeze seperti Returnil . Program ini berfungsi melindungi PC secara utuh . Artinya program ini akan merestore PC anda secara otomatis ketika PC di restart . Jadi apapun perubahan yang terjadi di system C maka PC akan kembali FRESH seperti semula pada saat direstart kembali .

2. Install Program Antivirus yang handal . Seperti AVG atau Symantec dan lakukan scan tiap harinya .

3. Install program Proteksi atau Repair PC secara keseluruhan .

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara melindungi PC Warnet atau Rental sendiri
Ditulis oleh Irvan Mulya Subrata
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://irvanmulya.blogspot.com/2009/12/cara-melindungi-pc-warnet-atau-rental.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Blog ini saya setting ke Dofollow . Silahkan isi Komentar Anda dengan kalimat yang baik . Tidak berbau SARA dan anti Spam . Terima kasih sudah mengisi Komentar

Previous Post

Belajar Internet Marketing Pemula support Original design by Bamz | Copyright of Belajar Internet Marketing.