Kenapa Adsensenku Sulit Mendapatkan Dollar?

Posted by irvan mulya Senin, 07 September 2009 4 comments
Kenapa Adsensenku Sulit Mendapatkan DollarSetelah anda sukses mendapatkan account google adsense dan blog anda kini telah terpasang content adsense. Mungkin setelah itu anda akan beranggapan bahwa cukup dengan dipasangnya content adsense di blog, maka kini saatnya untuk menunggu hujan dollar!!. Woow ?! ... Tapi anehnya koq ,.. kenapa masih banyak orang yang sering mengeluh akan minimnya earning (pendapatan) dari adsense itu sendiri ?? . Katanya "mudah" , katanya "instant" , katanya " cepat" ? tapi kenyataannya dari sekian banyak publisher adsense hanya segelintir yang sukses ?!. Sekali lagi Kenapa bisa demikian ?? kenapa ?? .. padahal account adsense sudah ditangan anda ??.


Seperti yang disebutkan dalam artikel saya sebelumnya,
tidak ada yang instant dari Internet! termasuk Bisnis Advertising sekelas Adsense !! yang kata orang-orang bilang "mudah" dan "Instant" . Jika anda masih beranggapan internet adalah keajaiban bisa mendatangkan dollar dengan cara mudah atau instant , saya rasa sudah saatnya anda harus bangun dari mimpi!. Bisnis Internet sama halnya dengan definisi bisnis pada umumnya! dengan kata lain anda harus mengakui bahwa istilah "kerja keras" , "keuletan" dan "kecerdikan" adalah bukan omong kosong belaka. Apapun itu tanpa tiga jargon tadi maka lupakan mimpi sukses! termasuk di dunia Internet.

Disini saya akan coba ungkap beberapa alasan umum ketika sebuah blog adsense sepi dari dollar. Sekalipun beberapa alasan ini terbilang standard dan mendasar tapi tidak ada salahnya kita mengevaluasi bersama. Diantaranya :

1. Membuat Blog Dengan Tema yang tidak di kuasai .

Ini adalah kesalahan paling umum. Mereka terlalu memaksakan konsep , high paying keyword hingga akhirnya blog seperti ini tak akan jauh dari dua keadaan yaitu si pemilik blog akan menciptakan blog COPAS (Copy paste) atau si pemilik Blog akan mati kutu karena dia kesulitan dalam mengembangkan Blognya.

Solusi yang paling ampuh adalah buatlah blog baru dan jadilah diri anda sendiri artinya buatlah Blog dengan tema yang paling anda kuasai sehingga dengan demikian anda bisa mengembangkan blog tanpa kehilangan ide.

Jika anda tetap memiliki Blog yang terkesan dipaksakan sesuai dengan konsep high paying keyword , maka hindarilah tema-tema yang diperuntukan bagi orang-orang TI (teknik Informatik) atau orang-orang yang berkecimpung dalam Bisnis Dunia Internet Marketing . Karena mereka tahu apa itu Adsense dan bagaimana seseorang bisa mendapatkan dollar dari Program Adsense!. Maka kecil kemungkinan terjadinya klik pada Iklan adsense anda .

Maka yang lebih selamat dan jitu adalah buatlah Blog dengan tema dan topiq yang dibutuhkan untuk kepentingan masyarakat awam artinya sasaran bidik bukan orang-orang TI dan para pebisnis internet marketing . Contohnya Blog dengan tema seperti " Tips cara beternak Ayam " atau " Panduan mudah memancing" . Dll .

2. Membuat Blog Dengan Traffic Persaingan yang Super Ketat .

Kesalahan ini timbul akibat dia tidak memiliki perencanaan atau tidak memiliki strategi dalam merancang tema blog. Tidak melihat niche dan traffic keyword sehingga blog tercipta dengan kesan 'asal-asalan' . Solusinya cobalah anda kunjungi beberapa situs yang memiliki kemampuan mengetahui niche berdasar traffic keyword yg paling banyak dicari orang. Salah satu yang terkenal adalah Wordtracker.

3. Membuat Blog dengan Niche yang buruk

Ini salah satu kesalahan yang paling fatal pada sebuah blog advertising. Bagaimana mungkin anda mengharap traffic pengunjung yang banyak jika blog anda memiliki tema yang tidak diperlukan orang. Blog dengan Niche yang baik akan mendatangkan pengunjung dan adanya pengunjung berarti keuntungan bagi Blog Adsense anda . Karena Adsense pun akan membayar anda dari sisi page impression sekalipun mereka tidak mengklik iklannya.

4. Tidak pernah dan jarang mengupdate Blog

Semua blogger maniac dan semua webmaster internet marketing yang bergerak dalam bidang apapun memberikan point tersendiri pada hal ini. Blog atau Web yang jarang bahkan tidak pernah di update , sama saja anda telah membunuh Web atau Blog anda secara perlahan-lahan. Ingat hidupnya Blog atau web adalah dari adanya visitors dan tidak mungkin visitors akan mengunjungi sebuah Blog atau Web yang jarang tersentuh oleh pemiliknya alias tidak pernah di up-date.

5. Tidak melakukan Optimasi SEO pada Blog

Inipun termasuk kesalahan yang paling mendasar. Mempelajari teknik SEO dan bagaimana cara mengoptimasi blog adalah suatu kewajiban yang harus diketahui oleh webmaster apalagi sebuah Blog adsense . Dengan mengoptimasi Blog hingga mendapatkan rangking di search engine adalah anda sudah melakukan promosi gratis , ampuh dan permanent dalam jangka waktu yang panjang.

6. Tidak melakukan Promosi Blog

Diantara kesalahan mendasar lainnya adalah kurangnya melakukan promosi blog , terutama di situs-situs yang berjejaring sebuah komunitas. Sebutlah seperti :

a. situs Social Bookmarking , seperti di DIGG atau TECHNORATI yang mempunyai keanggotaan mencapai ratusan ribu blog atau TOP OF BLOG yang juga memiliki keanggotaan yang cukup banyak ada juga BLOG TOP LIST dan masih banyak yang lain .

b. situs Social Networking , seperti FACEBOOK yang sudah mengakar di dunia chat atau FRIENDSTERS sejenis Facebook yang juga tak kalah populer. Adalah sebuah kerugian besar jika Blog Adsense anda tidak dipopulerkan di situs Social Bookmarking atau Networking .

c. Kurangnya melakukan Submit URL di situs-situs besar seperti Google , Yahoo , MSN , ASK , BING dll atau Mendaftarkan URL artikel anda di situs-situs yang menyediakan Submit URL Directory .

d. Dan termasuk kurangnya traffic ketika anda tidak AKTIF di sebuah Forum yang mana FORUM tersebut banyak di lihat dan di kunjungi oleh orang banyak atau sering dikomentari orang banyak .

e. Anda kurang melakukan Blog Walking yaitu Sebuah kegiatan menjelajahi Blog-blog orang lain yang memiliki traffic yg bagus dan anda tidak meninggalkan BACK LINK disana artinya anda tidak memberikan komentar dan meninggalkan jejak URL Blog anda disana. Rajinlah berkomentar ! dan buat komentar semenarik mungkin dan yang paling penting usahakan komentar anda selalu berada pada 5 Besar komentar paling awal.

f. Anda TIDAK mengikuti milis. Ikutilah milis dengan melakukan subscribe dan tentunya milis yang disesuaikan dengan tema Blog Adsense anda . Aktiflah anda disini , berikan solusi , berikan komentar yang berkualitas , carilah teman sebanyak-banyaknya . Dan buatlah signature anda dengan keterangan Blog adsense anda hingga orang terbiasa melihat alamat URL blog anda ketika anda aktif ikut nimbrung di milis tersebut.

g. Disamping Promosi secara Online , sebuah blog adsense yang ingin sukses pun harus melakukan Promosi secara Offline. Diantaranya yang bisa anda lakukan seperti memasang stiker dibelakang mobil anda atau membuat kaos dengan bordilan nama blog anda atau selalu meninggalkan bekas coretan nama blog adsense anda ketika anda meninggalkan warnet atau buatlah signature di SMS anda dengan blog adsense anda atau up-loadlah sebanyak-banyaknya gambar-gambar menarik dengan mengimbuhka nama blog adsense anda hingga orang banyak teramat seringnya melihat blog anda dimanampun berada . Jika perlu tempel-lah ditiap tiap bagian dalam pintu WC umum (seperti di Mall atau di Kampus) dengan blog adsense anda .

Demikian beberapa alasan kenapa sebuah blog adsense atau blog secara umumnya minim keuntungan didalamnya . Bagaimana dengan anda ? . Kita diskusikan bersama yuk .. ok .

Salam Cerdas
Irvan Mulya

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kenapa Adsensenku Sulit Mendapatkan Dollar?
Ditulis oleh irvan mulya
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://irvanmulya.blogspot.com/2009/09/kenapa-adsensenku-sulit-mendapatkan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 comments:

Arif mengatakan...

Adsense memang jadi mimpi pertama buat para blogger untuk membuat blog, setelah terjun dan mendalaminya banyak yang kecewa karena tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya, apalagi blog berbahasa Indonesia.

Kalau saya mending cari bisnis lain misalnya PTR yang jelas dibayar perkita ngirim artikel atau TLA yang jelas di kalau link ads kita laku, nggak perlu nunggu sampai dapat $100 yg kapan akan berhasil.

Kalau sudah menerapkan/optimasi SEO, kayaknya aktif di forum dan submit URL kayaknya bisa dihilangkan ... rugi dong optimasi terus-terusan, kapan mikirin content berkualitas untuk mendatangkan pengunjung yang mau ngeklik iklan kita kalau kebanyakan pengunjung datang dari forum yang notabene banyak yang blogger dan sudah tahu kalau itu adsense ....
jadi nggak mau ngeklik iklan kita.

irvan mulya mengatakan...

@Arief :
Komentar yang berkualitas mas arief ..oke tengkyu nih masukannya . Ada yg punya pendapat lain ?

Unknown mengatakan...

saya udah 5 kali ditolak google adsense, capeee deehh
tolong dong kasih tau cara jitunya

irvan mulya mengatakan...

@sorop : Coba mas sorop buka2 lagi menu adsense di blog-ku ini ,.. cari yg berjudul :

Jurus anti ditolak adsense

ok semoga sukses ya...

Posting Komentar

Blog ini saya setting ke Dofollow . Silahkan isi Komentar Anda dengan kalimat yang baik . Tidak berbau SARA dan anti Spam . Terima kasih sudah mengisi Komentar

Most Popular

Puisi Islami Terbaik

Best Wallpaper

Belajar Internet Marketing Pemula support Original design by Bamz | Copyright of Irvan Mulya - Panduan.

Featured Post

10 Cara Mendapatkan Uang dari nge-Blog

Kata siapa ngeblog pekerjaan iseng ? Kata siapa ngeblog kalah gengsi dengan bikin website situs besar ? Kata siapa ngeblog kerjaan ora...

Postingan Populer

Total Tayangan Halaman

Tentang Saya

Tentang Saya
Irvan Mulya Panduan