Kamus Istilah Internet

Posted by irvan mulya Kamis, 02 Juli 2009 0 comments
Kamus Istilah InternetDomain : Sebutan ringkas untuk domain name . Sebuah sistem pengalamatan di Internet . Alamat asli di Internet (IP Address) berupa angka-angka yang sulit dihafal . Domain membuat pengalamatan tersebut menjadi lebih mudah diingat , dengan menerjemahkan IP address menjadi nama seperti http://irvanmulya.blogspot.com/ . Domain terdiri atas sebuah struktur hierarkis dimana level tertinggi disebut sebagai TLD . Saat ini terdapat lebih dari 200 TLD yang terdaftar diseluruh Dunia dan terus bertambah . Terdapat tiga TLD yang paling populer yaitu .com , .net , .org

Localhost : Istilah dalam komputer jaringan yang berarti "komputer ini" . Localhost adalah nama standard yang diberikan sebagai alamat Loopback selalu menterjemahkan loopback IP address 127.0.0.1 dalam IPv4, atau ::1 dalam IPv6 . Localhost digunakan untuk mengantarkan web browser pada HTTP server yang terinstal di Komputer Local . Alamat : http://localhost akan menampilkan website local pada komputer yang bersangkutan .

SEO : Search Engine Optimization . Seperangkat metode yang bertujuan untuk menaikan peringkat website dalam daftar SERP dan dapat dianggap sebagai bagian dari pemasaran search engine . Istilah SEO juga mengacu pada Search Engine Optimizer , sebuah industri konsultan yang menjalankan proyek optimasi mewakili website client mereka.

SERP : Search Engine Results Page . Daftar halaman web yang ditampikan oleh search engine sebagai respond terhadap query kata kunci tertentu . Hasil tersebut biasanya mencakup daftar halaman web beserta judul , link ke halaman tersebut dan penjelasan singkat yang menampilkan kesesuaian kata kunci dengan konten dalam halaman tersebut . Beberapa Search engine menyimpan cache SERP untuk pencarian berulang dan menampilkan SERP dalam cache , bukan live SERP untuk meningkatkan performa search engine .

Social Networking : Disebut juga jejaring sosial atau jaringan pertemanan . Layanan di WWW yang berfokus pada pembangunan komunitas Online dari orang-orang yang memiliki kesamaan minat atau aktivitas . Meski telah digagas sejak 1985 oleh The WELL , model layanan ini baru mendapat momentum boomingnya pada awal 2000 an yang ditandai dari lahirnya website website seperti Friendster (2002) , MySpace (2003) , Facebook (2004) dan Bebo (2005).

WWW : World Wide Web . salah satu layanan di Internet yang menyediakan ruang informasi global yang dapat di akses menggunakan web browser . WWW sering disalah artikan sebagai (atau dianggap sinonim dari) Internet itu sendiri .Padahal , WWW hanyalah satu dari sekian layanan service lainnya yang beroperasi di Internet . Seperti e-mail , chat dan instant messaging . WWW dikembangkan oleh W3C .

Code Snippet : Serangkaian kode ataupun kata yang sering digunakan sehingga dsimpan dan dapat digunakan kembali

Disqus : Layanan dan Tool gratis untuk memberikan komentar dan diskusi di WEB . Sistem dari Diskus ini bisa dimasukan ke website manapun . Blog atau aplikasi Web .

Google Gadget : Sebuah fasilitas dari Google yang memungkinkan kita bisa mempercantik dan menambahkan fitur-fitur lain pada sebuah website atau blog

Google Maps : Sebuah layanan peta virtual gratis dan online yang disediakan oleh Google .Layanan ini dapat ditemukan di http://maps.google.com . Google Maps menawarkan peta seluruh dunia dan juga menawarkan fitur perencanaan rute dan pencari lokasi bisnis di Amerika Serikat , kanada , Jepang , Hongkong , China , Inggris , Irlandia (hanya pusat kota) dan beberapa bagian eropa . Google Maps saat ini masih berada dalam tahap Beta

Homepage : Halaman utama dari sebuah website . Dokumen ini biasanya diberi nama index.html atau indeh.php atau index.asp dan lain-lain . Dalam hampir setiap halaman website terdapat tombol untuk kembali ke halaman utama ini biasanya bernama tombol HOME atau Icon Rumah .

MySpace : Situs Social Networking yang menawarkan jaringan antar teman , profil pribadi , blog , grup , foto , musik dan video . MySpace bermarkas di Beverly Hills AS . Pemiliknya News Corporation . Sejarahnya berawal pada saat peluncuran Friendster ditahun 2002 , beberapa orang yang saat itu menjadi karyawan Myspace memutuskan untuk meniru Friendster .

Twitter : Website Social Networking dan Micro Blog yang memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk mengirimkan "pemberitahuan" berupa text dengan panjang maksimal 140 karakter . Bisa melalui SMS , Instant Messenger , e-Mail , atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin . Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan obvious Corp .

to be continued ...




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kamus Istilah Internet
Ditulis oleh irvan mulya
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://irvanmulya.blogspot.com/2009/07/kamus-istilah-internet.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Blog ini saya setting ke Dofollow . Silahkan isi Komentar Anda dengan kalimat yang baik . Tidak berbau SARA dan anti Spam . Terima kasih sudah mengisi Komentar

Most Popular

Puisi Islami Terbaik

Best Wallpaper

Belajar Internet Marketing Pemula support Original design by Bamz | Copyright of Irvan Mulya - Panduan.

Featured Post

10 Cara Mendapatkan Uang dari nge-Blog

Kata siapa ngeblog pekerjaan iseng ? Kata siapa ngeblog kalah gengsi dengan bikin website situs besar ? Kata siapa ngeblog kerjaan ora...

Postingan Populer

Total Tayangan Halaman

Tentang Saya

Tentang Saya
Irvan Mulya Panduan